Jumat, 19 Oktober 2012

tanggapan tentang banyaknya tawuran saat ini



Menurut saya maraknya tawuran yang terjadi saat inikhususnya para pelajar karena beberapa factor, yang pertama timbul dari keluarga. Kenapa keluarga? Karena didikan dari orang tua biasanya sangat berpengaruh terhadap perkrmbangan anak, jadi misalnya orang tua kurang perhatian terhadap anaknya, itu bisa membuat sang anak jadi berbuat kea rah negative. Walaupun tidak semua kasus sama karna orang tua.
Tapi yang seperti itu memang rata-rata. Yang kedua, factor lingkungan juga dapat berpengaruh, lingkungan bermain yang mungkin kurang mendapat pengawasan dari para orang tua bisa jadi pemicu terjadinya tawuran.
Karna kalau anak yang dirumahnya sudah tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya otomatis akan mencari perhatian diluar lingkungan rumah, contohnya adalah lingkungan bermain. Dan disitulah orang tua harus mewaspadainya, karna kemungkinan anak bergaul dengan yang kurang baik bisa saja terjadi. Dan mereka bisa saja membuat komunitas yang cenderung mengarah kearah negative.
Dan factor lainnya adalah, ketika teman sekolah mereka mempunyai masalah dengan teman sekolah lainnya. Dan karena menyimpan dendam, dia bisa kapan saja meminta bantuan kepada teman-teman satu komunitasnya untuk melakukan balas dendam yaitu dengan tawuran.
Solusinya adalah, untuk para orang tua dan sekolah… diminta lebih memperhatikan putra-putrinya dan siswa-siswinya dan memberikan perhatian lebih untuk mereka, dan selalu memberikan nasihat-nasihat bahwa tawuran itu sangat berbahaya dan merugikan. Karna tidak hanya kita yang dirugikan, tetapi orang banyak.

2 komentar:

  1. orang tua, masyarakat, sekolah dan pihak pemerintah memiliki peranan penting dalam mencegah tawuran....tawuran tidak hanya terjadi sesama pelajar/mahasiswa, tetapi juga antar kelompok masyarakat (antar ormas, antar kampung, antar suku, dll)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener pak.
      terimakasih pak udah mau mampir dan comment di blog saya :D

      Hapus